Rumah Metafora: Ide Futuristik Berpadu Gaya Klasik dari Fabelio

0
40
fabelio
fabelio

Metafora dalam pengetahuan interior design adalah sebuah konsep rumah dimana bentuknya didasarkan pada persamaan atau perbandingan dari bentuk lain yang bukan sebenarnya. Jadi, rumah metafora adalah segala jenis rumah yang memiliki bentuk seperti benda lain yang bukan rumah, baik secara keseluruhan maupun sebagian. Apa saja aneka konsep rumah metafora yang dapat dicontoh untuk Anda yang tidak ingin desain standar rumah?

Bernama The Upside Down House, sebuah rumah di Polandia memiliki konsep “rumah terbalik”, dimana atapnya berada di lantai dan sebaliknya. Di Indonesia, jenis rumah metafora ini sudah diadaptasi oleh tempat wisata Eco Green Park di Kota Batu, Jawa Timur.

Tidak hanya pada bagian luar yang terbalik, namun semua ruangan yang ada didalamnya seperti penataan kamar tidur, toilet, dapur, bahkan pintu dan jendela rumah ini juga terbalik. Konsep metafora rumah terbalik di Polandia diciptakan oleh seorang desainer filantropis asal Polandia bernama Daniel Czapiewski dengan desain seperti pada rumah-rumah di tahun 1970-an lengkap dengan ruangan-ruangannya seperti menata kamar tidur, kamar mandi, ruang tv, dapur,  dan ruangan-ruangan lainnya.

Selain The Upside Down House, terdapat pula rumah yang dimetaforakan dalam bentuk toilet. Sesuai dengan namanya, The Toilet House atau dalam bahasa Indonesia bernama Rumah Toilet memang mengusung tema toilet dengan hiasan beberapa bendera di semua negara. The Toilet House terletak di di dalam Taman Toilet Suwon,  sekitar satu jam dari kota Seoul, Korea Selatan. Ide rumah berbentuk menyerupai toilet ini diprakarsai oleh Sim Jae-duck, pendiri dan presiden pertama Asosiasi Toilet Dunia (World Toilet Association).

Bentuk rumah metafora lain yang akan membuat Anda geleng-geleng kepala adalah rumah sepatu yang dibuat oleh seorang pengusaha dan seniman asal Provinsi Mpumalanga Afrika Selatan bernama Ron Van Zyl pada tahun 1990. Rumah ini dibangun untuk istri Ron Van Zyl yang bernama Yvonne, yang mengatakan menginginkan sebuah sepatu. Tidak hanya mewujudkan impian sang istri dengan membelikan sepasang sepatu, sang pengusaha  justru membuatkan sebuah rumah sepatu untuk istrinya.

Diluar dari itu, rumah ini merupakan bagian dari proyek yang lebih besar yang mencakup perkemahan, vila, kolam renang, restoran, bar, dan toko. Di Indonesia, bentuk rumah metafora seperti sepatu belum tercatat ada. Jika Anda membangun rumah berkonsep sama dengan milik Ron Van Zyl, tidak hanya nyaman karena tinggal dalam sepatu, rumah Anda bisa jadi objek wisata unik yang baru di kota. Bahkan untuk sekedar berfoto dengan rumah Anda saja, seseorang akan berani membayar. Cukup menarik bukan?

Hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah membeli furniture sesuai bentuk dan konsep rumah. Dengan membeli furniture koleksi fabelio, Anda akan mendapatkan pelengkap untuk konsep rumah metafora sesuai impian keluarga.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here