Rowan Sebastian Atkinson, (lahir 6 Januari 1955) adalah seorang aktor Inggris, pelawak, dan penulis skenario yang paling dikenal untuk karyanya pada acara komedi Mr Bean dan Blackadder. Atkinson pertama kali datang ke dan menonjol di acara komedi sketsa Show Not the Nine O’Clock News (1979-1982), dan melalui partisipasi dalam The Secret policeman’s Balls dari tahun 1979. Karyanya yang lain termasuk sitkom The Thin Blue Line (1995-96) .

fakta dibalik seorang Mr. Bean

Atkinson adalah anak bungsu dari empat bersaudara , dilahirkan di Consett , County Durham , Inggris . Orang tuanya adalah Eric Atkinson , seorang petani dan direktur perusahaan , dan Ella May ( née Bainbridge ) , yang menikah pada tanggal 29 Juni 1945. tiga kakak-kakaknya adalah Paulus , yang meninggal saat masih bayi ; Rodney, seorang ekonom Eurosceptic yang kalah tipis dalam pemilihan kepemimpinan Inggris Independence Party pada tahun 2000 ; dan Rupert . Atkinson dibesarkan Anglikan , dan dididik di Durham choristers School, St Bees School, dan Newcastle University , di mana ia menerima gelar di bidang Teknik Elektro .

Pada tahun 1975 , ia melanjutkan untuk tingkat M.Sc. Teknik Elektro di The Queen College, Oxford , perguruan tinggi yang sama ayahnya lulus di tahun 1935 , dan yang membuat Atkinson Kehormatan Fellow pada tahun 2006 . Pertama memenangkan perhatian nasional di Oxford Revue di Edinburgh Festival Fringe di Agustus 1976 , ia telah menulis dan melakukan sketsa awal untuk menunjukkan di Oxford oleh tambahan yg tak penting – kelompok revue dari Experimental Theatre ( ETC ) Klub dan untuk Drama Masyarakat Oxford University ( OUDS ) , pertemuan penulis Richard Curtis dan komposer Howard Goodall , dengan siapa ia akan terus bekerja sama selama karirnya .

Atkinson membintangi serangkaian acara komedi untuk BBC Radio 3 pada tahun 1978 yang disebut The Atkinson People. Ini terdiri dari serangkaian wawancara satir dengan orang-orang besar fiksi, yang dimainkan oleh Atkinson sendiri. Serial ini ditulis oleh Atkinson dan Richard Curtis, dan diproduksi oleh Griff Rhys Jones.

Kategori: Hiburan